Rabu, 24 September 2008

Ber-Internet Seru

Web Browser baru!!

Ada yang baru bagi anda penggila internet. Setelah sebelumnya muncul Opera, Mozilla firefox, dan kawan-kawannya, sekarang situs engine search paling laris di dunia yaitu google, menambah persaingan dengan di rilisnya google chrome. Apa itu google chrome?? Berikut akan saya bahas lebih dalam ttg google chrome.

Sejarah Google Chrome

GoogleChrome adalah sebuah aplikasi web browser baru yang diluncurkan oleh google, perusahaan situs engine search terbesar di dunia. Anda pasti pernah menggunakan fasilitas dari Mozilla firefox, atau Opera untuk ber-browsing ria di dunia maya. Nah, kali ini anda bisa mencoba fasilitas google chrome ini.Walaupun masih versi BETA (masih dalam penyempurnaan), namun tidak ada salahnya untuk mencoba. Google Chrome diluncurkan pada tanggal 2 September 2008 dalam 43 bahasa. Sebenarnya web browser baru ini direncanakan dilucurkan pada taggal 3 September 2008. Si pembuat komik google, Scoot Mcloud telah mengirimkan kepada para jurnalis dan blogger tentang penjelasan dan motivasi google chrome ini. Kemudian blogger dari Jerman Philip Lensenn membuat copyan 38 hal dari komik tersebut. Kemudian google menampilkan dalam blognya. (Hmm..cara yang sedikit licik untuk membuat para pecinta google penasaran).Khusus pengguna Linux dan MAC, anda harus gigit jari dulu. Karena google chrome versi OS tersebut masih under construction. Jadi, bersabarlah kawanQ..

Kelebihan Google Chrome

Untuk urusan kelebihan, memang tidak banyak yang bisa di ekspose dari web browser baru ini. Harap maklum, karena ini masih versi BETA. Namun menurut saya ada beberapa kelebihan dari google chrome, yaitu :1. Tampilan yang minimalis, membuat Qta tidak perlu binggung dengan adanya banyak pilihan menu dkk.2. Soal kecepatan, google chrome sedikit lebih cepat di antara web browser lainnya. Apalagi untuk membuka situs-situs yang kaya akan Java Script (terutama situs-situs google).


Pengalaman

Saat pertama kali menginstall google chrome, saya bertanya:"kenapa tidak bisa ya?"Ternyata memang google sengaja menggunakan fasilitas internet untuk menginstallnya. Jadi, anda harus terkoneksi ke internet untuk menginstall google chrome (cara yang tidak praktis).Setelah membuka google chrome, saya sedikit kaget. Tampilan yang sangat sederhana dan menurut saya sedikit modern terpampang. Sedikit binggung juga, namun lama-kelamaan akan terbiasa.Meskipun memang sedikit cepat dalam membuka situs-situs, namun ada sedikit kekurangan. Ada beberapa situs yang tidak bisa dibuka. Selain itu juga untuk connect ke wi-fi juga sedikit susah. Saya pribadi butuh beberapa kali percobaan untuk akhirnya bisa wi-fi an menggunakan google chrome. Secara garis besar memang google chrome masih banyak kekurangan.

Perbandingan

Kesimpulan saya, google chrome adalah web browser yang cukup cepat, dengan desain yang sangat menarik. Walaupun masih versi BETA, namun tidak bisa dibayangkan kelak bila sudah sempurna. Kemungkinan google chrome akan mengalahkan Mozilla firefox.

Nah..bagaimana?? Cukup menarik bukan?? Silakan anda mencobanya, toh tidak ada ruginya.

Jadi, selamat mencoba!!

Tidak ada komentar: