Kamis, 18 Desember 2008

SI dan TC, apa sih bedanya??

Waktu kelas 3 SMA dulu, saya sudah berencana untuk masuk ke jurusan Teknik Informatika. Kemudian ada salah satu teman saya bilang : "Masuk SI aja, lebih enak. Passing grade nya juga ga tinggi2 amat." Hmm..lagipula SI juga ga terlalu jauh sama yang namanya komputer. Akhirnya terbujuklah saya dan masuklah saya ke dalam jurusan Sistem Informasi.

Lalu, apa sih bedanya Sistem Informasi dengan Teknik Informatika??

Setelah beberapa bulan menjalani kegiatan belajar di SI, saya mendapat sebuah pemikiran. Bahwasanya pada intinya SI dengan TC berbeda. Perbedaan yang paling mencolok adalah kalo SI diajarkan apa yang namanya itu bisnis. Pengetahuan bagaimana me-manage sebuah sistem informasi dalam sebuah perusahaan. Jadi, kita yang di SI itu juga diajarkan manajemen. Tapi kita juga diajarkan apa yang mereka sebut "coding".

Untuk masalah pekerjaan, kita yang di SI sudah dipersiapkan untuk menjadi manajer, karena sudah dibekali ilmu manajemen tadi. Yah..paling tidak kita bisa membuat web atau yang disebut web designer, untuk memuat sebuah informasi. Tapi tidak menutup kemungkinan kita bisa jadi programmer. Karena kita juga dibekali ilmu "coding-mengcoding" tadi.

Jadi SI itu cakupannya luas. Kita tidak hanya duduk manis di depan komputer melototi monitor, tidak. Bahwasanya semua pilihan itu kembali pada diri kita masing-masing. Memang ada yang bilang kalo di SI itu "cuma" diajarkan dasar-dasarnya saja. Yah..apapun pendapat orang, kita harus menghargai. Yang pasti, the choice is yours..

VIVAT SI..!!!

Tidak ada komentar: