Kamis, 18 Desember 2008

Teknologi Web

WEB. Apa itu WEB?? Dalam jurusan sistem informasi ITS, kami para mahasiswa semester 1 dikenai tugas untuk membuat web pribadi sebagai final project. Lalu apa sih WEB itu??

Hmm..setelah mencari-cari di internet selama beberapa lama, saya akhirnya menemukan arti web. Menurut situs yang saya kunjungi (lupa namanya), WEB adalah suatu ruang informasi dimana sumber-sumber daya yang berguna diidentifikasi oleh pengenalan yang disebut Uniform Resource Identifier (URL).

Qta tahu URL ada macam-macam. Misalnya saja URL untuk pemerintah biasanya .gov. Dan masih banyak contoh yang lain. Lalu untuk apa URL itu?? Ada kaitannya dengan cara kerja WEB.

Begini cara kerja WEB :
  1. URL menunjukkan lokasi dokumen yang dikelola oleh sebuah server Web
  2. URL diubah menjadi alamat IP server web pemilik
  3. Browser kemudian mengirimkan permintaan http ke server web,yang akan menjawab dengan memberikan dokumen yang diminta dalam format html

Lalu, web juga memiliki beberapa versi, yaitu :
1. WEB 1.0
Web ini adalah web yang pertama kali dibuat. Pembuatnya adalah tim Benners-Lee, mereka membuat web ini bertujuan untuk memberikan suatu informasi bagi user yang sangat memerlukannya. Sifat dari web ini juga hanya read-only. Maksudnya web ini tidak lebih sebagai majalah komputer, yang tampil pada sebuah monitor. Jd kita hanya dapat menampilkan topik tersebut. Setelah kita baca topik tersebut kita tidak bisa mengutak-atik.

2. WEB 2.0
Web ini adalah mengembangan dari web sebelumnya dan dikembangkan pada tahun 2004. Web 2.0 merupakan gabungan teknologi-teknologi yang dimiliki dalam membangun web. Penyatuan tersebut merupakan gabungan dari HTML, CSS, JavaScript, XML, dan AJAX. Web 2.0 diaplikasikan sebagai read-write. Maksudnya web ini bisa kita otak-atik. Bisa kita upload atau download dan juga kita bisa ngasih forum. Contohnya pada Friendster, Yahoo, atau Multiply.

3. WEB 3.0
Web ini merupakan generasi ketiga dari layanan internet berbasis web. Web ini menggambarkan sebuah sarana bagi mesin untuk bisa membaca halaman-halaman web. Hal ini menunjukkan bahwa mesin akan memiliki kemampuan membaca web sama seperti yang manusia dapat lakukan sekarang ini. Keunikan dari web ini adalah konsep dimana manusia dapat berkomunikasi dengan mesin pencari. Kita bisa meminta web untuk mencari suatu data spesifik tanpa bersusah-susah mencari satu per satu dalam situs-situss web dan juga mampu menyediakan keterangan yang relevan tentang informasi yang ingin kita cari.

Web 3.0 terdiri dari :
  • Web sematik
  • Format mikro
  • Pencarian dalam bahasa pengguna
  • Penyimpanan data dalam jumlah besar
  • Pembelajaran lewat mesin
Contohnya adalah web anti virus, yang bisa dibuka secara spyware. Yang dimaksud oleh spyware adalah web yang menjual sebuah produk software secara tidak Cuma-cuma, yang biasanya menarik pembayaran software secara perbulan atau pertahun.

Begitulah, jadi lebih afdol kalo Qta membuat WEB dan juga tahu apa arti dan versi dari web tersebut. Sekian dan...terima kasih.

Tidak ada komentar: